Rabu, 09 April 2014

INDAHNYA NOSTALGIA

                      3 November 2011,hari terakhir di adakannya agenda tahunan dari mahasiswa ITS dalam program ABSEN (abdi Pesantren ).status panitia yang mendadak nyangkut dalam diriku tak dapat mengelakkan rasa lelah tubuhku.teknik lingkungan itulah materi terakhir yang di sampaikan.dengan rasa “aras-arasen” ku ikuti materi yang menyita hari minggu sebagai hari libur dari segala macam kegiatan.sekitar satu jam kemudian,setelah kita diberi tugas guna mengumpulkan berbagai macam jenis sampah,aku lebih memlih masuk ke dalam kelas kosong,kusandarkan tubuhku pada dinding pembatas antar kelas.pikiranku menerawang jauh entah kemana.hingga tiba – tiba ada orang yang hadir di depanku,seraya mengguncang-guncangkan tubuhku dia memanggil namaku


 Au : “na,ana kan?kamu ana kan?”

 An : “i…iya.” Mengangguk bingung

 Au : “ maulidatun nuril fitriana,kan?”

 An : “ i…iya.” Masih bingung

 Au : “ inget aku nggak?”

 An :  ( menggelengkan kepala )

 Au : “ se’ tak buka kaca mata”

 An : (lama memandang mencari tahu siapa gerangan gadis yang ada dihadapannya)

 Au : “ masak nggak inget ce?”

 An : “ auliya !”

 Au : “ tuego nggak iling nang aku.”

 An : “ lah pean ganti penampilan.”

 Au : “ yo iyo rek,wes kuliah kok.”

 An : “ tambah cubby,pake’ kacamata lagi.”

 Au : “ hehehe.”

 An : “ kok bisa ngenalin aku?mang aku paancet tah?”

 Au : “ he’em, kudunganmu pancet ngunu.”

 An : “ berarti aku imut-imut donk,dari mts ampe’ karang wajahku nggak berubah,hehe.”

Au : “ awale aku ndelo’ iku,aku yakin pean ana,ditambah lagi setelah tak dengerin                                                                            suaramu  citcitcuit,pancet ae.”

 An : “ citcitcuit,emange burung a? masih inget katanya bu siti fatimah?cerewet-cerewet berkualitas.”

 Au : “ iyo percoyo,aku bener-bener kehilangan jejakmu selama kurang lebih 4th ne.”

 An : “ west,kehilangan jejakku.”

 Au : “ iyo,temen!pikirku,arek iki nandi kok pake’ acara boyong barang,emange nang kene kekurangan sma yang berkualitas ta?seng tak tau iku Cuma pean mondok di sby.”

 An : “ lah,nggak tanya ma tutus,dia kan tau.lali ta lo’ tutus iku sepupuku.”

 Au : “ nggak kepikiran mrono”

 An : “ eh,gimana kabar yang laen?”

 Au : “ lo’ anak mts,kurang tau aku,aku rata-rata kehilangan koneksi sama mereka,seng tak tahu iku luluk nang UIN jogja ngambil jurusan kimia,rina ikip jombang,shodiq nang trunojoyo,vivi nang UNAIR,lia pancet nang kunu ngambil sastra jepang,tutus pancet nang kunu.”

 An : “ lo’ lia aku tahu,dia pacaran ma shodiq kan?nggak nyangka aku,hehe.lo’ tutus ngambil akbid kan?o iya,lo’ su’udiyah gimana?pernah waktu aku sakit trus pulkam,kebetulan dia sms ke no.bapakku,seng tak taruh di buku memory kan punya bapakku,soalnya lo’ punyaku sering ganti-ganti”

 Au : “ su’udiyah iku kerjo nang sidoarjo,o iya iling nurul Diana avivah nggak?”

 An : “ mange diyah kerja opo? Iyo aku iling opo’o?

 Au : “ mbuh kerjo apa,nggak ngerti aku,Diana nikah”

 An : “ iya tah? Eh,katanya diah putri juga udah nikah truz salah satu dari si kembar juga udah nikah?

 Au : “ lo’ putri,aku nggak tau pi lo’ si kembar,yang nikah insya allah lininya,linanya kuliah.”

 An : “ eh,emange wajahku bener-bener nggak ada perubahan ta?”

 Au : “ he’em,makanya aku cepet ngenali.”

 An : “ pantesan shodiq bilang ke aku,wajahnya dari mts nggak berubah blaz,mbo’ yo wajah-wajah are’ kuliahan dikit po’o”

 Au : “ mange kapan ketemu shodiq?”

 An : “ nggak ketemu,tapi satu-satunya alumni mts yang masih komunikasi ma aku Cuma dia,lewat fb truz aku di tegur ma dia soalnya waktu reuni aku nggak dateng,wong aku nggak tau lo’ da reunian.”

 Au : “ aku dateng,pi wes kate mari.”

 An : “ jadi kengen masa-masa di DU.”

 Au : “ eh,cowoknya yang mana?”

 An : “hehehe,kita udah gede ya,jadi ngomongin cowok,MTs dulu nggak kenal sama yang namanya cowok-cowokan.”

 Au : “ seng endi kok?”

 An : (ngelirik seseorang)

 Au : “ooo itu?sepantaran ta?”

 An : “ nggak,dia kuliah semester 7”

 Au : “ kok iso kenal?”

 An : “ takdir,lo’ pean?”

 Au : “ sama ade’ kelas.”

 An : “ heh,ade’ kelas?”

 Au : “ tapi umurnya lebih tua dia,Cuma dia sekolahnya telat.”

 An : “ ooo gitu ta?kok bisa masuk ITS?beasiswa t?

 Au : “ iya,aku ikut beasiswa depag,alhamdulillah.”

 An : “ jurusan?”

 Au : “ statistika”

 An : “ west,gaswat bener.jo’ doyan2 ngitung”

 Au : “ maksudnya pa?maci sering ikut lomba nggak?”

 An : “ nggak,Cuma kemaren numpang lewat ANTV,melo’ audisi dai muda jare”

 Au : “ bidangmu pancet ae”

 An : “ ngunu iku,cama ma pean,ngitung ae,se’ nggak seneng baca?”

 Au : “ pancet,bahkan di bidang olah raga ampe’ karang nggak bisa”

 An : “ whahaha,mending aku dong”

 Au : “ iyo,pean khan arek volley”

 An : “ ngekos?”

 Au : “ nggak,aku di asrama.Cuma,bebas aku mau pulang jam berapa aja ke asrama.sering aku pulang jam 12 malem”

 An : “ jaga diri baek-baek ya?”

 Au : “ maksudnya?”

 An : “ sekarang pean kan bebas,jauh dari pemantauan orang tua.mau ngapain aja nggak ada yang ngelarang.”

 Au : “ iya,aku kadang takut,soalnya bawa imej pondok.eh,kenalin donk aku ma si dia.”

 An : “ nggak usah,di sini penjara suci!mange pean sering jalan bareng ma cowoknya?”

 Au : “ nggak sering ce?tapi pernah lo’ Cuma sekedar cari maem bareng,pean?

 An : “ hehe,jangan heran ya?aku mau jujur”

 Au : “ iyo,opo?”

 An : “ ampe’ umurku 19th ini,aku nggak tau jalan berdua sama yang bukan mahromku.”

 Au : “ nggak heran,pean kan di pondok.bawa hp nggak?”

 An : “ aku kan di pondok,gimana caranya bawa hp?dilarang!”

 Au : “ kok betah dari mts mape’ karang nggak pegang hp?”

 An : “ betah ae,lha wong udah biasa kok”

 Au : “truz gimana caranya kita komunikasi?”

 An : “ lewat fb aja,add aku namanya “ana eltryana”

 Au : “ iyo,ntar tak add,aku nggak mau kehilangan jejak pean lagi,pean masih lama di sini?kuliah sinikan?

 An : “ he’em,aku kuliah disini”

 Au : “ yo wes,poko’e karang aku tau lokasi pean”

 An : “ salamin ma yang lain ya,pean mencetak rekor muri lho”

 Au : “ kok bisa?”

 An : “ temen mts yang tau tempatku disini,setelah abror ma shofi”

 Au : “ abror ma shofi?”

 An : “ iya,mereka waktu malem ramadhon tgl 27 kesini truz ketemu ma aku”

 Au : “ooo”

Ngualor ngidul ngobrol mengenang masa nano-nano di MTsN rejoso peterongan 1 Darul Ulum Jombang bersama auliya merupakan anugerah tersendiri yang di berikan sang pencipta terhadapku,alhamdulillah.semoga sang khaliq juga mempertemukan aku dengan saudara-saudara dari DU yang lain.Amin.karena dalam kamusku,tidak akan pernah ada istilah mantan guru ,mantan teman,dan perpisahan seindah apapun tak akan dapat menepikan rasa kehilangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar